Sabtu, 21 Januari 2012

Semua Orang Boleh Hidup, tetapi Tidak Semua Bisa Diterima

Kemarin ada berita cukup fenomenal yaitu seorang waria yang mendaftarkan dirinya sebagai anggota Komnas HAM. Tujuannya tidak lain adalah untuk memperjuangkan nasib kaumnya agar diterima oleh masyarakat. Bagaimanapun juga perjuangan waria, gay, lesbi, dan semacamnya dewasa ini cukup gencar.

Saya pribadi bukanlah orang yang setuju terhadap hal tersebut. Namun bukan berati saya tidak menghormati mereka. Terlepas dari apapun tindakan mereka bagaimanapun juga kita tetap tidak boleh menghakimi, menyakiti, ataupun merusak apa yang menjadi milik mereka.

Namuns ekali lagi saya tegaskan bukan berarti saya setuju. Karena bagi saya setuju itu adalah dimana kita mendapatkan bahwa saudara/ orang tua/ anak atau orang terdekat kita berbuat demikian dan kita justru senang atas tindakannya itu. Dan bagaimanapun juga saya tidak pernah setuju terhadap perbuatan tersebut.

Teman saya pernah berkata mereka hanyalah orang yang berbeda dan kita harus menanggapinya dengan wajar. Ibarat kata ada orang yang suka apel, ada orang yang suka jeruk, dan sebagainya. Namun bagaimanapun juga mereka adalah orang yang suka buah Khuldi, buah yang dilarang oleh Tuhan dan jelas itu bukan tindakan yang dibenarkan.

Sebagian berkilah bahwa mereka memang diciptakan dengan masalah tersebut. lalu kembali kepada keimanan kita apakah kita akan percaya begitu saja bahwa Tuhan kita yang Maha Adil menciptakan suatu makhluk yang pasti akan dimasukkan ke dalam neraka tanpa adanya daya dan kuasa untuk menolak? Tentu tidak.

Lalu apakah salah jika masyarakat menolak kehadiran mereka? Tentu tidak. Kembali kepada analogi buah-buahan seandainya kita ke supermarket apakah kita harus membeli semua buah-buahan yang ada disana atau kita boleh memilih sebatas apa yang kita inginkan? Begitu juga suatu masyarakat pada akhirnya memiliki hak untuk memilih anggotanya.

Untuk hidup setiap manusia memiliki haknya. Akan tetapi untuk diterima pada suatu kelompok atau masyarakat, maka ada kewajiban terlebih dahulu yang harus dijunjung dan dipenuhi sebelum memperoleh haknya.

Meteor FPI Menghantam Waria (cotzart.deviantart.com)

0 comments: