Kamis, 18 Desember 2014

Dunning-Kruger

I know that i'm intelligent, because i know that i know nothing (Socrates)

Orang bijak pernah berkata bahwa satu-satunya hal yang paling berharga dan tidak akan habis dimakan waktu adalah ilmu. Namun tampaknya orang itu tidak sepenuhnya bijak karena kini kita tahu, bahwa pada akhirnya ilmu juga akan lekang dimakan oleh waktu.

Dahulu kita yakin bahwa bumi adalah pusat alam semesta dan beberapa ratus tahun kemudian baru kita sadari bahwa hal tersebut salah. Namun kini sebuah tekonologi yang baru diciptakan kurang dari sepuluh tahun yang lalu sudah tidak lagi mendapatkan tempat di masyarakat. Dunia begitu cepat berubah, dan ilmu semakin cepat berkembang.

Maka ketika kita yakin bahwa kita cukup pintar, maka di saat itulah kita sadar bahwa kita tidak tahu apa-apa. Hanya orang yang tidak tahu yang merasa dirinya paling tahu.

Be Stupid (jacac.deviantart.com)

Mungkin saat ini kita cukup pintar, namun harus kita terima pada akhirnya nanti kita akan tertelan oleh waktu. Ketika ilmu kita sudah tidak lagi berguna dan generasi setelah kita jauh lebih pintar daripada kita. Maka apakah yang tersisa dari diri kita?

5 comments:

elsa fy mengatakan...

Tulisan anda banyak menginspirasi :)
teruslah menenulis
god bless you
(setiap buka internet,pasti buka blog anda hehehe)

Abi Royen mengatakan...

Saya telah membaca E-Book anda dan saya suka cara penyampaiannya. Saya tunggu tulisan anda selanjutnya.

Dewanto Sinurat mengatakan...

Kita juga harus berterimakasih pada ilmu ilmu sebelumnya karena menginspirasi kita melahirkan ilmu ilmu baru .

Siswa Pkl mengatakan...

nice post mas.kunjungi sttelkom

BE THE BEST 4 YOU N ARROUND OF Y mengatakan...

sungguh kata yang mungkin tak terucap dan kata yng anda torehkN mewakili apa yang saya rasakan, berat, letih, dan tak tahu apakah aku bisa tak tergoyahkan... mgkin saat ini lah aq hrus menerima bahwa waktu telah berada sejengkal untuk menelanku.... thanks