Senin, 26 Desember 2011

monopoli

Kedua kubus berbintik tersebut terombang-ambing. Berputar kesana kemari dalam ember kecil penuh harapan akan keberuntungan. Dan akhirnya bintik-bintik tersebut muncul dengan kombinasi membentuk sebuah makna. Langkah mantap membawa kepada pengundian nasib melalui kartu-kartu berwarna hijau dan merah muda. Monopoli, sebuah permainan kecil tentang bisnis dan keberuntungan.


Lalu apa yang terpenting dalam permainan ini? Apakah itu uang? Sesuatu yang membuat kita berjalan kesana kemari dengan tenang tanpa perlu takut akan biaya kehidupan yang mahal ataupun denda dari pelanggaran hukum. Dengan uang kita menjadi berkuasa, bertindak sesuka hati dalam lapangan persegi tersebut.


Mungkin bagi mereka yang lebih berpikiran ke depan lebih menyukai tanah dan bangunannya. Investasi masa depan dan bukan keinginan sesaat. Bahkan mungkin kita harus berdarah-darah dalam berusaha, ini semua demi masa depan yang cerah, masa depan yang terjamin.


Ataukah ini semua tentang keberuntungan? Keberuntungan yang membawa kita kepada angka-angka ajaib. Tentang langkah-langkah tepat yang dituntun oleh kubus berbintik. Tentang bagaimana keberuntungan mengatur kehidupan kita.


Namun bagaimanapun juga monopoli adalah sebuah permainan. Yang terpenting adalah dengan siapa kita bermain. Teman untuk berbagi suka duka, teman untuk memotivasi kita, teman untuk berdampingan dalam permainan kehidupan. Teman kitalah yang membuat semua ini menjadi menarik, karena pada hakikatnya kita tidak dapat bermain sendirian.


Lalu bagaimana dengan monopoli kehidupan kita, eh?


gambar: emmerrekappa.deviantart.com

0 comments: