Selasa, 26 Mei 2009

"bangsa Indonesia", sebuah mitos yang misterius



24 mei 2009. Pagi yang dingin itu aku sudah berada di kampus. Sebuah seminar nasional dengan tema "psychology of Nation", itulah yang membuatku datang sepagi itu. Saya tidak akan membicarakan tetntang seminar itu, hanya sedikit saja.

Ada sebuah hal yang menarik yang dikatakan oleh Margret Rueffler, narasumber keturunan AS-Jerman yang telah mendalami ilmu ini selama 25 tahun mengatakan sebuah hal yang menarik: "for me, INDONESIA IS A COUNTRY, NOT A NATION. INDONESIA CONSIST OF MANY NATIONS".

Sejak kecil kita sering sekali mendengar apa yanng disebut dengan "BANGSA INDONESIA", akan tetapi ternyata keberadaannya sendiri pun patut dipertanyakan. Benarkah apa yang selama ini kita sebut sebagai bangsa Indonesia itu adalah benar-benar bangsa Indonesia?

Bangsa adalah sekumpulan orang-orang dengan ideologi yang sama. Maka kita bertanya, Indonnesia dengan keberagamannya apakah memiliki satu ideologi yang sama? Dari Sabang sampe Merauke terdapat banyak sekali suku dan masyarakat yang tak terhitung jumlahnya. Apakah ideologi mereka sama?

Pada masa pemerintahan Soeharto pernah terjadi sebuah usaha penyamaan ideologi (namun sayangnya dengan cara yang salah), saya rasa itu pun bukan tindakan yang bijaksana memaksakan suatu ideologi tertentu kepada seseorang, biarkanlah beragam ideologi menjadi warna warni.

Jika benar, maka sulit sekali mengatakan keberadaan bangsa Indonesia, seringkali selama ini kita salah mengartikan orang-orang jawa, sumatra, papua, maluku, Islam, dsb sebagai sebuah bangsa yang kita sebut sebagai BANGSA INDONESIA. Padahal mereka memiliki ideologi yang berbeda-beda, pantaskah mereka kita sebut sebagai satu bangsa?

Sekali lagi, ini sangatlah relatif. Jika memang BANGSA INDONESIA adalah sebuah mitos, maka saya akan mempercayainya!

3 comments:

Heri mengatakan...

aku pernah dengar katanya sesuatu menjadi ada ketika kita memercayainya. dan aku percaya indonesia itu ada.

bocahcilik™ mengatakan...

sudut pandang berbeda, belum tentu memberikan pemandangan yang lebih indah..

khusni mustaqim mengatakan...

Aku percaya Indonesia ada, tapi bukan sebagai sebuah bangsa, melainkan kumpulan-bangsa-bangsa yang bersatu padu,,