Selasa, 20 Januari 2009

perlukah kita boikot untuk membantu Palestina?



Barang siapa tidak peduli dengan nasib suatu kaum maka dia BUKAN BAGIAN dari kaum tersebut. semua muslim ADALAH SAUDARA. barang siapa TIDAK PEDULI dengan NASIB SAUDARANYA maka dia bukan UMATKU. (Muhammad SAW)
bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan. (pembukaan UUD1945)
Palestina diserang secara besar-besaran dan terang-terangan. Penduduk sipil dibombardir dengan rudal-rudal canggaih dan pesawat tempur. Umat muslim palestina diserang habis-habisan oleh Zionisme pada bulan suci dzulhijah dan Muharram ini, Lalu kita???
Pantaskah kita sebagai bangsa Indonesia yang anti penjajahan diam saja? Pantaskah kita sebagai saudara diam saja? Pantaskah kita sebagai umat Muhammad diam saja?
ketika kita diam saja dan tidak peduli, maka dia bukanlah Bangsa Indonesia, Bukan saudara, dan bukan pula umat Muhammad!!! Sikap diam kita menggugurkan pengakuan kita terhadap bangsa Indonesia, menggugurkan pengakuan kita sebagai saudara, serta menggugurkan pengakuan kita sebagai umat Muhammad (menggugurkan syahadat).
Kita sebagai orang yang mengaku saudara, bangsa Indonesia, dan umat Muhammad seharusnya tidak diam saja. Bantulah dengan doa, bantulah dengan harta yang Allah SWT titipkan pada kita, tunjukkan bahwa kita mengecam tindakan Zionisme tersebut dengan aksi dan dengan tulisan, dan sebagainya.
Mari kita berdoa untuk saudara kita di Palestina, minimal kita berdoa dan menyumbang harta, itu adalah yang paling mudah yang bisa kita lakukan.

Itu tadi merupakan sebuah tulisan yang saya keluarkan dalam sebuah forum di internet. Namun ternyata ada banyak sekali pendapat kontra dalam masalah ini. Ketika saya mengeluarkan opini saya dalam sebuah forum, banyak sekali yang menganggap hal ini sebagai sesuatu yang negatif. Banyak yang salah memahami ini.

Padahal dalam tulisan tersebut, saya mengajak untuk peduli terhadap bangsa lain. Tetapi bagi sebagian orang itu dianggap sebagai suatu tidak penting, mustahil, tidak perlu, menghancurkan Indonesia, dan sebagainya. Untuk lebih lengkap anda bisa melihat sendiri komentar mereka di http://kaskus.us/showthread.php?p=60087680#post60087680

Sikap skeptis ini terutama dalam hal gerakan boikot. Mereka berpendapat ada yang mustahil, tidak realistis, dapat menghancurkan perekonomian bangsa kita, dan sebagainya. Mungkin mereka salah memahami tentang boikot itu sendiri.

Menurut saya, ada 2 macam perlakuan kita terhadap produk-produk Yahudi:

  1. untuk barang-barang yang belum ada substitusinya (semisal komputer), terpaksa untuk saat ini kita tetap gunakan dan sebisa mungkin kita manfaatkan untuk menyerang balik mereka
  2. untuk barang yang sudah ada substitusinya (semisal makanan), kita bisa melakukan boikot sepenuhnya. Seperti dalam salah satu tulisan saya dalam sebuah forum

Boikot produk Israel sekalian membantu ekonomi Indonesia?

Cuma mo share aja gan,,

Ku baru denger nih ada teori menarik, katanya boikot produk Israel tu bisa berpangaruh positif buat ekonomi makro Indonesia. Memang secara ekstrim aksi boikot ini bisa menimbulkan kebangkrutan dan PHK, akan tetapi ternyata juga memperkuat ekonomi Negara ini.

Misalnya saja boikot terhadap KFC, (secara ekstrim) trus tuh KFC bakalan bangkrut n pegawainya pada diPHK. Tapi coba bayangin jika anda yang jadi orang yang memboikot tersebut. Ketika anada tidak membeli KFC maka pasti anda akan mencari substitusinya (misalnya Indonesian Fried Chicken/IFC yang produk asli Idonesia). Jadi duid yang harusnya mengalir ke kantong-kantong pemilik frenchise di luar negeri akan tetap di negeri ini. Mungkin jika KFC keuntungannya 30% pergi ke luar negeri, tapi ketika kita momboikot produk KFC tersebut dan lebih memilih produk Indonesia maka uang yang mengalir akan terus berada di Indonesia dan tidak mengalir ke luar negeri. Mungkin KFC akan memPHK karyawannya, tapi di satu sisi karena IFC bertambah banyak konsumennya secara otomatis maka dia akan menciptakan lapangan kerja baru.  Jadi ibaratnya cuma berganti kepemilikan atau ganti merk, tetapi lapangan pekerjaan dan kegiatan perekonomian tidak akan terpengaruh. Selain itu  secara tidak langsung kita membangun ekonomi Indonesia.

Memang tidak semua produk bisa kita boikot , produk2 yang belum ada substitusinya terpaksa kita tetap bergantung padanya. Tapi tidak bisa satu bukan berarti tidak bisa semua. Mulailah dari yang bisa kita lakukan. Mulailah menyalakan lilin daripada berharap listrik segera menyala. Mari kita bangun ekonomi INDONESIA yang mandiri aga Negara ini bisa maju.

untuk lebih lengkap silahkan buka 

http://kaskus.us/showthread.php?p=63682981#post63682981
dalam treadh di forum tersebut juga tampak jelas berbagai alasan pihak kontra yang tidak setuju terhadap ide saya tersebut. Tapi justru malah terlihat jelas mana yang berpikir global dan mana yang berpikir sempit.

Tidak usah terlalu banyak komentar tanpa berbuat apapun, marilah kita mulai menyalakan lilin daripada sekedar mengeluh dalam kegelapan. (untuk lebih jelas baca sebuah renungan dalam kegelapan atau silahkan buka http://kaskus.us/showthread.php?p=63694846&posted=1#post63694846)

tentang produk-produk Yahudi yang merupakan donatur negara Israel dapat dilihat di http://inminds.co.uk/


7 comments:

nia mengatakan...

berhubung g ada yang posting n coment nih gw kasih atu'

disana sini banyak gembr-gembor boicot israel tapi kita sebagai negara yang sedang dijajah selalu bergantung pada produk mereka kalieee.....
terus mw gimana donk???

khusni mustaqim mengatakan...

wahahahaha,,
makanya mulae sekarang kita berusaha untuk mandiri sedikit demi sedikit,,
saya sendiri untuk saat ini lebih tertarik untuk berusaha mandiri,,
mulae untuk berusaha mengutamakan penggunaan produk lokal,,

thevoiceofuzzy mengatakan...

. .Taqiiim,taqim. sungguh saia tidak menyangka. .:D

. .ummm,,,mari qt flashback ke kejadian yg menggemparkan umat Islam seluruh dunia beberapa bulan silam: ketika karikatur yg sangat menghinakan sosok yg qt dambakan syafaatnya, Rasulullah Muhammad SAW, dipublikasikan oleh orang Jerman. Apa yg terjadi? Umat Islam seluruh dunia marah (mostly) dan PEMBOIKOTAN thd produk Jerman terjadi di banyak negara. Selanjutnya? Dalam kurun waktu yg tak kurang dr 1 minggu,ekonomi Jerman mulai kelabakan dan pihak Jerman meminta maav pd umat Islam. .


. .sungguh,bgitu luar biasa dampak dari sebuah aksi pemboikotan. .


. .yeap, mungkin qt blun bisa 100% gag berhubungan sm sekali dgn produk2 bangsa laknatullah itu (kyk ganti kompi misalnya—karena kondisi fina n sial),tp setidaknya qt bs meminimalisir. Toh,kita tak akan mati tanpa smwnya produk yahudi. Lbi jauh, ternyata produk2 non-yahudi jg gag kalah kualitasnya..misalnya pasta gigi for**tuuut** yg te2p bs bikin nafas seharum odol pep**tuuut**, deterjen tot**tiiit** ternyata juga bisa bersihin noda baju sekinclong rin**tiiiit** (hhee…klu yg ini mah, sbnrnya tergantung yg nyuci bkan deterjen) dll dsb dst. .


"Seorang muslim adalah SAUDARA muslim lainnya, masing2 tidak boleh saling menDZALIMi dan MEMBIARKAN yg lain TANPA PERTOLONGAN. Barangsiapa memperhatikan kebutuhan saudaranya, maka Allah akan memperhatikan kebutuhannya. Barangsiapa melepaskan kesusahan saudaranya, maka Allah akan melepaskan kesusahannya di hari kiamat...." HR Bukhari Muslim


. .Allahu a'lam bis shawab. .

Khusni Mustaqim mengatakan...

yah itu karena Rasulullah dan ka'bah adalah sesuatu yang benar2 telah "disepakati" oleh seluruh umat muslim untuk dijaga kehormatannya,,
sedangkan Palestina sendiri masih dipertanyakan oleh berbagai pihak,,

thevoiceofuzzy mengatakan...

. .tapi bukankah di mana adzan masih dikumandangkan,maka di situlah negeri kita?? u/ kasus Palestina sendiri (dari buku Yahudi Menggenggam Dunia), dipaparkan bahwa memang dahulu sebagian tanah Palestine pernah diduduki bangsa Yahudi sblm hengkang dari sana. Tapi tanah tsb adl sebatas desa kecil (bukan keseluruhan Palestine spt sekarang ini).sejarah lbi lengkapnya tertulis dalam buku tsb. .


. .Allahu a'lam bis shawab. .


. .smwg pihak2 tersebut segera mendapat jawaban dr apa yg dipertanyakan dan segera beraksi u/ Palestine.smwg kita t'msug orang2 yang dilepaskan Allah kesusahannya di hari kiamat kelak. .

thevoiceofuzzy mengatakan...

. .uiya, satu lagi web bagus (dan insyaAllah valid) ttg kabar terbaru Palestine:


www.alqassam.ps

Khusni Mustaqim mengatakan...

ya masalahnya gag semua berpikiran seperti itu,,