Jumat, 30 Januari 2009

NEGARA KELIMA, novel yang sebaiknya anda baca.

aguBaru-baru ini saya membaca sebuah novel yang beagi saya cukup menarik. Apalagi novel tersebut dikarang oleh ES ITO, pengarang yang saya kagumi lewat karya sebelumnya yang berjudul Rahasia Meede. Berikut cuplikan tentang novel Negara Kelima karya ES ITO yang saya copi dari situsnya:

Negara Kelima

Sebuah Pembunuhan Berantai, Sebuah konspirasi Gila Terbentang, Sebuah Pentanyaan Benua Atlantis Terjawab.


ISBN: 978-979-024-045-2

Hal. :446 hal. Koran

Ukuran: 13 x 20 cm

Terbit: Mei 2008

Serangkian aksi teror yang diduga digalang oleh Kelompok Patriotik Radikal (KePaRad) mengacaukan sejumlah situs pemerintah, sistem perbankan, dan sistem keamanan di beberapa pusat keramaian. Keinginan mereka dengan jelas dapat diketahui dari pesan yang mereka tinggalkan dalam setiap aksinya:

Bubarkan Indonesia
Bebaskan Nusantara
Bentuk Negara Kelima

Pembunuhan putri seorang perwira menengah Polda Metro Jaya menjadi titik awal untuk membongkar siapa KePaRad ini sebenarnya. Tapi tidak hanya itu yang terbongkar. Konspirasi di balik tembok lembaga kepolisian pun turut terancam dengan ditumbalkannya seorang inspektur bernama Timur Mangkuto.
Pelarian sang inspektur menyajikan teka-teki tanpa akhir. Setiap kali misteri lama terbongkar, misteri baru bermula. Seiring dengan itu, teka-teki mengenai Atlantis dan kaitannya dengan kejayaan Nusantara pada masa lalu secara perlahan ikut terkuak. Namun, benarkah Indonesia akan berakhir demi terbentuknya Negara Kelima?

Saya benar-benar takjub setelah membacanya. Seharusnya ES ITO dikategorikan bersama Komodo sebagai aset bangsa yang harus dipelihara dari kepunahannya. Karya-karya ES ITO (seperti dalam Rahasia Meede dan Negara Kelima) selalu mengaitkan fakta-fakta sejarah yang menarik tentang bangsa ini.  Selain itu gambaran realita kehidupan metropolitan yang telah diracuni oleh Barat sehingga melupakan kearifan dan kebesaran bangsanya sendiri cukup membuat sindiran yang bagus dan membuat buku ini layak dibaca. Terutama bagi para pemudanya yang tanpa sadar telah diracuni oleh-pikiran-pikiran Barat.

Penggunaan sejarah yang rumit dan memasukkannya dalam cerita ini menjadi daya tarik tersendiri. Anda dapat belajar sejarah secara tidak langsung meskipun terkadang fakta-fakta sejarah yang ada dihubungkan menjadi sebuah teori konspirasi yang terkesan mengada-ada menjadi sesuatu yang tampak masuk akal. Penggunaan sejarah sebagai pembentuk misteri mirip dengan cerita dalam da vinci code dan national treasure dimana untuk memecahkan sebuah misteri anda harus menyelami sejarah bangsa anda sendiri (yang selama ini sering anda anggap tidak penting). Jangan heran ketika suatu saat nanti anda menemukan fakta sejarah yang sama dari sumber sejarah yang valid yang sesuai dengan cerita tersebut. Ini menimbulkan suatu kesan tersendiri yang membuat cerita tersebut semakin terasa nyata.

Selain itu misteri yang berputar-putar akan membuat anda lebih tertarik untuk mebaca halaman-halaman berikutnya. Kejutan-kejutan yang ada dalam penokohan tiap karakternya juga akan memberikan surprise yang tersendiri. Saya jamin ceritanya tidak akan simple seperti dalam cerita-cerita biasa.

Dalam novel pertamanya Rahasia Medee menceritakan tentang pembunuhan berantai yang terhubung dengan gerakan radikal Anarki Nusantara serta perburuan Harta Karun VOC. Sedang dalam buku keduanya yang berjudul Negara Kelima menceritakan tentang pembunuhan berantai yang berhubungan dengan teori keberadaan Atlantis.

Jika anda berpikir ini sebuah novel berisi sejarah panjang yang membosankan maka anda salah. Novel-novel ini berisi aksi, konspirasi, persahabatan, pengkhianatan, nasionalisme, dan sindiran-sindiran sosial yang sangat menarik. Jika anda penggemar buku-buku Barat semacam Harry Potter, Da Vinci Code, dan sebagainya, maka cobalah untuk membaca novel ini. Novel ini saya jamin tidak kalah menarik dan member efek positif berupa semangat Nasionalisme daripada pemikiran-pemikiran materialisme yang mengagungkan Barat serta mengkerdilkan Timur yang ada dalam buku-buku Barat. Semoga para penulis yang berjiwa Nasionalis seperti beliau bisa terus berkarya dan mendapatkan tempat yang utama di Bangsanya sendiri.

5 comments:

Zadok mengatakan...

wow. Aku baru tahu ada penulis novel nasionalis seperti ini! Bukunya bakal kucari... thx, Qim!

edobukanpahlawan mengatakan...

wah qim ak nyilih buku ne, loro2 ne sisan, mumpung libur ki, banyak waktu utk mmbaca..hahaha

khusni mustaqim mengatakan...

@zadok: coba kamu baca kedua bukunya rahasia meede ma negara kelima,,
gag nyese,, klo penasaran buka aja situsnya,,
itu udah ada linknya kok,,

@edo: wah sory do ngantri je,,
banyak yang minat,, tuku dewe wae ra rugi og,,

tya mengatakan...

wahh.. apik2 qim.. ^^
memang semangat Nasionalisme jangan sampai luntur, apalagi untuk generasi mudanya!
no!

rizkabukansimsimapalagisimbah mengatakan...

Salam kenal, ya!
Aku juga dah baca rahasia meede. Emang jarang penulis kayak E.S. Ito di Indonesia sekarang ini. Salut buat dia.